July 6, 2020

10 Tips Foto Sunset Yang Baik

By Tirto

Matahari terbenam atau yang dikenal sunset yaitu waktu dimana matahari menghilang dibawah garis cakrawala pada bagian sebelah barat.

Matahari terbenam umumnya berwarna merah di langit pada saat matahari terbit dan juga terbenam di karenakan oleh kombinasi hamburan Rayleigh warna biru dan tingkat kepadatan atmosfer bumi. Karena keindahan tersebut menjadikan banyak orang untuk mengabadikannya menggunakan kamera. Kualitas cahaya pada saat matahari terbenam bisa menjadi saat yang berharga untuk para fotografer, karena tidak hanya warna langit yang sangat menarik, akan tetapi sudut rendah matahari dapat memberikan tekstur yang baik.

Sunset memang memberikan peluang foto yang bagus dan memiliki tantangan tersendiri. Selain itu tips foto sunset adalah salah satu hal yang harus anda pelajari dan dilakukan apabila anda sedang fokus untuk mempelajari soal fotografi, karena jika anda sudah bisa memotret suasana sunset dengan baik maka akan memiliki kepuasan tersendiri karena sudah dapat melewati tahapan yang wajib dalam hal pelajaran fotografi dasar.

10 Tips Foto Sunset Yang Baik

Ada beberapa tips yang dapat anda jadikan sebagai pemahaman untuk lebih mengetahui bagaimana cara mengambil foto sunset yang baik, sehingga hal ini akan menjadi sebuah kepuasan tersendiri jika dapat memfoto sunset yang baik. Berikut 10 tips foto sunset yang baik, yaitu:

  1. Riset lokasi

Ada baiknya jika anda sebelum mendatangi lokasi untuk melakukan pemotretan sunset lebih baik anda mencari informasi tentang lokasi tersebut. Bagaimana untuk dapat menuju ke sana, kebutuhan apa saja yang diperlukan dan dipersiapkan, bagaimana kondisi dilokasinya. Jangan sampai anda sudah pergi jauh – jauh datang ternyata tidak mendapatkan sunset yang anda inginkan untuk diabadikan.

  1. Mencari referensi

Apabila anda sudah mendapatkan informasi dari lokasi pemotretan sunset, anda perlu juga untuk mencari referensi foto – foto apa saja yang sudah pernah di ambil oleh para fotografe yang lain. Bukan soal meniru, akan tetapi sebaliknya. Sehingga dengan mencari referensi diharapkan untuk tidak sampai foto anda mempunyai kemiripan dengan fotografer yang lain dan anda dapat mengambil dari sudut dan juga angle yang berbeda.

  1. Berangkat lebih awal

Dengan anda berangkat atau datang lebih awal untuk melakukan persiapan dan menentukan spot dimana anda akan melakukan pemotretan, karena momen sunset tidak akan berlangsung lama, golden hours yaitu 1 – 2 jam sebelum sunset atau matahari terbenam sampai 30 menit sebelum matahari terbenam, dan 1 -3 jam sejak matahari terbit dimana sinar matahari akan membuat warna keemasan pada objek. Sedangkan blue hours yaitu beberapa saat, biasanya sampai 20 – 30 menit setelah sunset, dimana matahari sudah mulai terbenam, akan tetapi langit belum gelap hitam pekat. Pada saat inilah langit akan berwarna biru.

  1. Menggunakan tripod dan kabel release

Momen sunset merupakan saat dimana bumi sudah minim akan cahaya matahari, maka dari itu anda harus menggunakan kecepatan rana yang rendah untuk mendapatkan exposure yang tepat. Alangkah lebih baik anda menggunakan tripod dan juga kabel release jika ada dan untuk membantu mengurangi getaran anda dapat memanfaatkan shutter timer kamera jika tidak memiliki kabel release.

  1. Tentukan objek foto untuk foreground

Tujuan utama yaitu memotret sunset, akan tetapi anda jangan lupa untuk memberikan tambahan foreground agar foto anda lebih berdimensi. Macam foreground untuk sunset dapat dalam bentuk pohon, orang, kapal, rumah, atau yang lainnya. Jika foreground tidak ingin dijadikan foto siluet, anda dapat menggunakan flash untuk memberikan cahaya pada objek foregroundnya. Cara metering pada sekitar matahari fokus pada foreground dan jepret.

  1. Menggunakan filter

Dengan adanya filter ini sangat berguna untuk membuat efek gradasi cahaya yang lebih bagus saat memotret sunset. Anda dapat menggunakan filter nd, gnd, cpl, dan yang lainnya. Anda akan mendapatkan efek gradasi yang lebih bagus.

  1. Gunakan lensa wide

Untuk memotret sunset menggunakan lensa wide merupakan hal yang sudah biasa, akan tetapi jangan hanya terpaku pada lensa tersebut. Anda dapat memanfaatkan rentang lensa yang lain agar mendapatkan detail dari mataharinya.

  1. Menggunakan whitet balance cloudy

Preset wb cloudy mempunyai manfaat apabila anda memotret cuaca mendung dan pada pagi hari dengan adanya setingan white balance cloudy ini dapat menambah dan juga memperkuat warna kuning kecoklatan pada warna mataharinya.

  1. Menggunakan spot metering

Untuk menghasilkan foto sunset yang bagus dengan exposure yang tepat anda dapat menggunakan mode metering spot jika anda menggunakan kamera saku untuk memotret sunset dan lakukan metering pada sekitar matahari jangan tepat di mataharinya.

  1. Membuat foto siluet

Foto siluet saat ini masih menjadi daya tarik untuk dijadikan foreground pada foto sunset, karena foto filuet dapat memberikan cerita tersendiri pada foto tersebut. Sehingga tidak hanya pada pemandangan langit sunset saja dan arahkan metering kamera pada cahaya yang paling terang di sekitar matahari kemudian arahkan fokus pada obyek yang akan dijadikan siluet.

Bagi anda yang yang ingin menghasilkan foto sunset yang sesuai dengan keinginan anda, mungkin beberapa tips diatas atau anda dapat download manual instruction, sehingga dapat membantu anda untuk dapat mengabadikan momen sunset yang bagus.