September 13, 2020

Bikin Bangunan Lebih Kokoh, Berikut Jenis Beton Yang Berkualitas

By Tirto

 

Beton adalah salah satu bahan bangunan yang terbuat dari campuran antara agregat dan bahan pengikat. Beton banyak digunakan di dalam pembuatan suatu konstruksi bangunan karena memiliki kekuatan yang sangat kokoh.

Strukturnya yang tangguh, permukaan rata serta memiliki tekstur yang halus akan membantu untuk memperkokoh bangunan.

Dengan kekuatan yang dimilikinya, pembuatan konstruksi beton dianggap lebih murah dibandingkan konstruksi besi dan baja.

Jika anda sedang membangun sebuah rumah, maka tak ada salahnya untuk mengetahui beragam jenis beton yang bisa digunakan. Berikut ulasan selengkapnya.

Beton Mortar, Non Pasir dan Beton Ringan

Beton yang pertama adalah beton mortar yang terbuat dari campuran antara mortar semen, pasir dan air dengan perbandingan tertentu. Oleh karena itu, beton mortar juga kerap disebut dengan beton semen.

Bahan baku untuk membuat beton mortar ini antara lain mortar, pasir dan air. Ada tiga macam mortar yang sering digunakan antara lain semen kapur dan lumpur.

Sementara itu beton mortar adalah beton yang dilengkapi dengan anyaman tulangan baja didalamnya atau disebut ferro cement.

Beton ini memiliki kekuatan tarik dan daktilitas yang baik. Sehingga bagus untuk bangunan dan memperkokoh rumah.

Sementara itu ada juga beton ringan yang dibuat menggunakan agregat yang memiliki bobot ringan. Beberapa orang juga kerap menambahkan zat aditif yang bisa membentuk gelembung gelembung udara di dalam jenis beton satu ini.

Semakin banyak gelembung udara yang tersimpan, maka pori pori pun akan semakin bertambah dan ukurannya akan semakin membesar.

Ada juga beton non pasir yang tidak hanya menggunakan pasir namun akan menggunakan material lain. Diantaranya adalah kerikil, semen dan air.

Hal ini kemudian akan menimbulkan terbentuknya rogga udara diantara celah celah kerikil sehingga total berat jenisnya pun akan lebih rendah.

Beton Prategang dan Bertulang

Beton bertulang adalah salah satu kombinasi antara adukan beton dengan tulangan baja. Beton bertulang ini tercipta karena ide membuat material baru yang kuat terhadap beban tekan beban tarik.

Beton ini memiliki sifat kuat terhadap gaya tekan tetapi lemah dengan gaya tarik. Oleh karena itu tulangan baja sengaja ditanamkan ke dalam daya tarik betons emakin meningkat.

Sementara itu pembuatan jenis beton prategang ini hampir mirip dengan beton bertulang. Perbedaan keduanya hanya terletak pada tulangan baja yang akan dimasukkan ke dalam beton tersebut.

Tulangan bja prategang akan ditegangkan terlebih dahulu sebelum akhirnya ditanamkan di dalam betun. Tujuannya agar beton yang dihasilkan nanti tidak mengalami keretakan meskipun harus menahan beban lentur yang begitu besar.

Beton Pracetak dan Beton Massa

Beton yang dicetak di luar ruangan pengerjaan proyek pembangunan biasanya disebut dengan beton pracetak. Beton ini memang sengaja dibuat di tempat lain agar lebih praktis dan tidak mengotori tempat kerja.

Selain itu pemilihan beton untuk konstruksi ini, juga kerap kali didasari pada sempitnya lokasi proyek dan tidak adanya tenaga yang tersedia.

Beton pracetak ini selanjutnya akan dikirim ke lokasi proyek saat hendak dipasang. Biasanya beton ini akan diproduksi oleh perusahaan yang bergerak secara khusus di bidang pembangunan.

Selain itu ada juga beton massa yang biasanya akan dibuat pada jumlah yang banyak sekaligus, penuangan beton ini sangat besar di atas kebutuhan rata rata beton pada umumnya.

Begitu pula dengan faktor perbandingan antara volume beton dan luas permukaan yang cukup tinggi. Selain itu beton massa ini memiliki dimensi yang begitu besar.

Ukuran dimensinya pun cukup besar hingga mencapai 60 cm. Adapun jenis beton massa ini banyak diaplikasikan pada pembuatan pondasi yang berukuran besar.

Selain itu beton ini juga kerap kali digunakan untuk pembuatan pondasi pilar bangunan, bendung dan bendungan.

Ada banyak sekali jenis beton dengan kualitas bagus yang biasa digunakan untuk pembangunan. Anda bisa menentukan beton yang sesuai kebutuhan untuk pembangunan.

Sebelum membeli beton, ada baiknya anda juga memperhatikan harga beton cor yang sesuai dengan budget yang sudah disiapkan.

Dengan memperhatikan kualitas beton dan harga, maka anda bisa menentukan beton yang cocok untuk pondasi bangunan rumah atau gedung anda.