October 17, 2020

Jenis – Jenis Gazebo Yang Cocok Untuk Halaman Rumah Anda

By Tirto

 

Rumah adalah tempat ternyaman untuk disinggahi yang dimiliki oleh semua orang. Bagaimanapun bentuk rumahnya, tentu Anda selalu mengharapkan kenyamanan dan keindahan dari rumah Anda. setiap orang memiliki selera desain rumah yang berbeda-beda. Ada yang menginginkan rumah kecil namun hangat, rumah kecil dengan perabotan lengkap, rumah besar dan luas yang minimalis barang maupun rumah mewah megah dengan halaman luas dan banyak ditanami tumbuhan dan kolam.

Semua rumah selalu memiliki kenyamanannya maisng-masing. Disini kita akan membicarakan seputar rumah yang memiliki halaman. Baik luas maupun sempit, yang penting enak dipandang. Salah satu fungsi halaman selain sebagai tempat ditumbuhi berbagai tanaman adalah sebagai tempat berkumpul dengan keluarga dan tamu. Itulah mengapa banyak diantara Anda yang rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk memperindah halaman rumah.

Gazebo Sebagai Tempat Berkumpul

Salah satu spot favorit untuk berkumpul di halaman adalah gazebo. Walaupun tidak semua halaman rumah memiliki gazebo, namun jika Anda merupakan tipe keluarga yang senang berkumpul menikmati pemandangan, disarankan untuk mulai mendirikannya. Gazebo adalah sebuah bangunan terbuka yang terletak di halaman dan berfungsi sebagai tempat berkumpul dambil memandangi pemandangan sekitar.

Selain di rumah, gazebo juga sering kita jumpai di restoran-restoran keluarga dengan konsep alam, hotel, kolam renang dan bahkan di halaman rumah sakit sebagai tempat berkumpul oara pasien yang sedang mencari udara segar luar ruangan.

Jenis-Jenis Gazebo

Namun tahukah Anda jika gazebo memiliki berbagai macam jenis jika dilihat dari desain bangunannya?. Berikut adalah beberapa jenis gazebo berbdasarkan desain bangunan yang cocok dijadikan referensi.

  1. Gazebo Desain Minimalis

Gazebo desain minimalis adalah jenis gazebo yang memiliki desain simple namun terkesan modern. Dikatakan gazebo modern karena dibanding dengan jenis gazebo lalinnya, gazebo ini dilengkapi dengan mebel yang lengkap modern. Walaupun namanya minimalis namun gazebo ini dilenagkapi dengan bantal busa, lampu, tirai, bahkan meja.

Gazebo minimalis terlihat sangat nyaman dan santai namun tetap menyatu dengan alam. Bahkan, jenis gazebo ini akan sangat cocok jika didirikan di atas atau pinggiran kolam, dengan meja apung di tengah-tengahnya. Jadi selain sebagai tempat bersantai, gazebo ini juga dapat dijadikan landasan istirahat bagi Anda yang sedang berenang di kolam bawah gazebo ini.

  1. Gazebo Atap Rumah

Jika gazebo selalu identik dengan halaman rumput dengan tanaman hias yang indah dan kolam di sekitarnya, maka bagi Anda yang tidak memiliki halaman luas di rumah dan tetap menginginkan gazebo sebagai tempat beristirahat, gazebo atap rumah adalah pilihannya. Gazebo jenis ini akan sangat cocok didirikan bagi Anda yang tinggal di atap gedung atau rumah bertingkat tanpa taman.

Halaman luar pada lantai atas rumah atau atap bangunan yang rata dan terbuka lebar selalu dapat dijadikan area gazebo yang menarik. Bahkan Anda dapat mendesain warna dan bentuk gazebo yang disesuaikan dengan warna cat dan konsep rumah Anda. keuntungan utama dari gazebo jenis atap rumah adalah pemandangan malam hari yang akan sangat indah, sama indahnya dengan pemandangan yang dapat Anda tangkap saat di balkon rumah.

  1. Gazebo Desain Rotundas

Gazebo desain Rotundas merupakan jenis gazebo yang kental dan terinspirasi dari gara Eropa dan Yunani. Bangunan terbuka tinggi dengan atap berbentuk kubah memberi kesan mewah dan klasik pada gazebo ini.  pilar-pilar pada gazebo Rotundas dilengkapi dengan ornamen-ornamen rumit gaya Yunani dan pergola gazebo yang dipenuhi dengan sulur dan bunga-bunga mekar segar.

Bagian atap gazebo jenis ini bisa disesuaikan dengan dua jenis gaya, yaitu kanopi transparan dari metal yang memperindah pemandangan bintang pada malam dan kanopi semen yang memberi kesan kokoh namun lembut.

Gaya Gazebo Rotundas yang berkiblat pada arsitektur bangunan Yunani membuat jenis gazebo ini memiliki kesan romantis dan feminim. Inilah mengapa gazebo jenis ini banyak digunakan sebagai area dekorasi pernikahan dan pesta-pesta dansa malam hari dengan dekorasi lampu-lampu redup dan bunga di sekelilingnya.

  1. Gazebo Desain Kayu

Jika beberapa gazebo yang sudah disebutkan di atas kebanyakan dibangun dengan bahan utama semen/beton, maka lain halnya dengan jenis gazebo kayu. Gazebo kayu memiliki ciri khas bahan utama bangunannya yang terbuat dari kayu kokoh, biasanya jati (atau disebut juga dengan Gazebo Jati) dengan atap alami terbuat dari serat alami atau jerami.

Bangunan gazebo ini sangat mirip, atau bahkan mendapat beberapa inspirasi dari bangunan-bangunan rumah tradisional suku-suku pedalaman, dimana menggunakan jerami sebagai atapnya, seperti suku indian dan suku-suku yang ada di wilayah Papua.

Untuk memperindah desain gazebo, biasanya dilengkapi dengan anyaman-anyaman tudung lampu sebagai pemanis lampu yang di pasang di dalam gazebo.

  1. Gazebo Desain Paviliun

Sesuai namanya, gazebo paviliun adalah gazebo yang memiliki luas lebih bear dari gazebo pada umumnya, dengan seluruh sisi gazebo dibiarkan terbuka dan hanya menyisakan pilar dan atap. Gazebo jenis ini sangat cocok didirikan di halaman rumah yang sangat luas dengan dikelilingi tanaman-tanaman bonsai hias yang mewah.

Dengan begitu, akan semakin menambah kesan kuno khas kerajaan yang sangat ikonik namun tetap hangat.