May 25, 2020

Memahami Bibit Markisa Manis Yang Sering Dicari Orang

By Tirto

Markisa masuk dalam kelompok tanaman buah dengan genus bernama Passiflora. Awal mula buah ini muncul di negara Amerika, khususnya Peru, Kolombia, Venezuela, Brazil. Karakteristik khas dari markisa yakni buah bulat dengan biji berselaput kuning. Markisa yang ada di Indonesia terdiri dari empat jenis yakni: markisa ungu, markisa kuning, markisa besar, markisa manis. Dari sekian jenis tersebut, markisa manis menjadi idola. Karena efek dari rasa yang sangat manis. Jadi pembeli langsung dapat menyantapnya. Tak perlu diolah jadi minuman atau makanan.

 

Markisa ini asal bibitnya berbentuk biji. Tahan terhadap cahaya matahari. Dalam sehari, Anda harus menyiramnya sekali saja. Tinggi tanamannya mencapai 20-30 cm. Kalau telah panen berat buahnya dapat mencapai 400 gram. Markisa manis mempunyai nama ilmiah Passiflora Lingularis atau ada yang menyebutnya sweet granadilla. Bentuk buahnya lonjong dengan kulit warna orange kekuningan saat matang. Serta tampilan kulit berwarna ungu hijau ketika usianya masih muda. Markisa ini umumnya tumbuh di daerah dataran tinggi. Ketika proses penyemaian bibit atau bijinya sampai tiba masa panen. Waktu yang dibutuhkan yakni 1,5 tahun. Proses tersebut dapat menggunakan metode penanaman dengan polybag. Bisa juga pakai metode penyemaian biasa. Bibit akan tumbuh cepat ketika kondisi dari awalnya sudah baik.

 

Namanya juga markisa, tanaman ini membutuhkan media untuk rambatan layaknya pohon atau prapara. Dengan begitu Markisa manis akan tumbuh subur, bagus dan cepat. Cara tumbuh seperti itu membuat banyak orang yang menanam markisa manis di area halaman rumah. Anda dapat membuat prapara dengan desain tertentu. Sehingga tidak hanya difungsikan untuk tumbuh kembang si bibit markisa. Tetapi bisa dipakai untuk memperindah tampilan halaman atau taman rumah Anda. Anda, tamu dan anggota keluarga lain umumnya senang dengan berada lama di area pekarangan.

 

Masalah bibitnya Anda dapat membelinya di sentra toko yang menyediakan aneka jenis markisa. Disana Anda bisa menanyakan perihal cara perawatan supaya hasil buah nya tak mengecewakan  Ketika tiba waktu yang ditentukan untuk panen. Kalau ingin segera melihatnya dalam wujud buah. Masa panen bisa dimanfaatkan dengan memberikan treatment terbaik untuk bibit yang disemai.