December 16, 2020

Moms Harus Tahu! Berikut Ciri Kehamilan Sehat Pada Trimester Pertama

By Tirto

 

Kesehatan janin pada masa kehamilan adalah suatu kebahagiaan yang dapat dirasakan oleh orang tua. Sayangnya, kondisi rentan yang sering terjadi pada trimester pertama seringkali menjadi kekhawatiran para ibu. Tentunya, hal ini juga dipengaruhi oleh berbagai perubahan kondisi yang cukup drastis ketika hamil. Oleh karena itu, mari kenali ciri kehamilan sehat pada trimester pertama.

Tanda Kehamilan Sehat Pada Trimester Pertama Yang Harus Diketahui

  1. Morning Sickness

Kondisi ibu hamil yang sering merasakan mual atau muntah yang biasa disebut dengan morning sickness adalah salah satu tanda bahwa kandungan anda sehat. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada pagi hari. Namun, beberapa orang yang hamil muda pada trimester pertama juga dapat merasakan mual dan muntah pada malam hari maupun siang hari.

Morning sickness dapat terjadi karena perubahan hormon pada masa kehamilan. Selain itu, perubahan hormon ini juga dapat membuat bumil merasakan aroma dan bau yang sensitif terhadap berbagai hal. Akibatnya, kondisi ini terkadang dapat menyulitkan karena memicu gejala mual dan muntah yang membuat ibu kesulitan makan.

  1. Sering Pipis Saat Hamil

Ciri kehamilan sehat pada trimester pertama juga dapat ditandai dengan kondisi ibu yang sering pipis atau buang air kecil. Hal ini dapat disebabkan oleh peningkatan volume darah pada masa kehamilan, sehingga ginjal ibu hamil dapat bekerja lebih keras dan dapat menghasilkan kondisi urin yang lebih banyak.

Selain itu, kondisi ini juga dapat dipengaruhi oleh pertumbuhan bayi yang sehat pada rahim. Pertumbuhan bayi yang sehat tersebut dapat membuat bumil selalu ingin pipis karena ukuran rahim bayi yang dimilikinya semakin membesar. Oleh karena itu, anda tidak perlu takut dan khawatir jika mengalami kondisi ini.

  1. Mood Swing

Perubahan hormon yang dimiliki oleh ibu hamil juga dapat berakibat pada kondisi mood swing. Sayangnya, perubahan perasaan sedih, stress dan merasa kelelahan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan janin jika tidak bisa dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, perubahan hormon yang dapat mempengaruhi perubahan fisik dan mental harus selalu dipersiapkan dengan baik. Tentunya, mengusahakan berbagai aktivitas yang baik dan menyenangkan dapat mendukung perkembangan janin anda menjadi lebih sehat. Bumil juga harus beradaptasi dengan pertumbuhan janin yang sedang berkembang.

  1. Perubahan Payudara

Payudara adalah salah satu pertanda yang pasti untuk mengetahui bahwa anda sedang hamil. Perubahan hormon pada saat hamil dapat mempengaruhi perubahan payudara seperti ukuran payudara yang semakin membesar, terasa lebih lembut, serta berubahnya bagian areola dan puting menjadi lebih gelap untuk persiapan menyusui.

Itulah beberapa hal yang dapat terjadi pada bumil trimester pertama yang dapat diketahui. Sayangnya, beberapa kondisi tersebut terkadang tidak selalu dialami oleh semua ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya selalu memperhatikan kondisi dan memeriksakan diri ke dokter secara rutin hingga proses persalinan.