June 11, 2020

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

By Tirto

Apakah kamu sedang belajar sejarah? Dan sekarang ingin mengetahui informasi tentang pengertian sejarah menurut para Ahli? Jika ini yang kalian cari saat ini silahkan simak informasi lengkap dari kami di bawah ini yang berkaitan tentang Sejarah dan pengertian sejarah.

Apa yang Dimaksud Sejarah?

Sejarah adalah subjek studi ilmiah tentang masa lalu , terutama peristiwa – peristiwa yang berkaitan dengan manusia. Ini adalah istilah umum yang terkait dengan peristiwa masa lalu serta ingatan, temuan, koleksi, organisasi , presentasi, penjelasan dan informasi tentang peristiwa ini. Orang yang menulis tentang sejarah disebut sejarawan. Peristiwa yang terjadi sebelum direkam dianggap prasejarah .

Sejarah dapat merujuk subyek abstraksi , yang menggunakan cerita untuk memeriksa dan menganalisis urutan peristiwa di masa lalu, dan secara obyektif menentukan model sebab akibat telah mempengaruhi peristiwa. Sejarawan terkadang berdebat tentang sifat sejarah dan kegunaannya dengan mendiskusikan penelitian dalam sejarah itu sendiri sebagai cara untuk memberikan penglihatan masalah dari masa sekarang.

Kisah populer tentang budaya tertentu, tetapi bukan sumber informasi obyektif yang dikonfirmasi (misalnya legenda candi prambandan, legenda tangkuban perahu) sering digolongkan sebagai warisan budaya atau legenda, karena kisah-kisah ini tidak mendukung “penyelidikan obyektif” yang merupakan persyaratan ketat dalam sejarah.

Herodotus, seorang sejarawan Yunani pada abad ke-5 SM dianggap sebagai “bapak sejarah negara Barat”, dan bersama dengan orang-orang sezamannya, Thucydides berkontribusi pada dasar penelitian modern sejarah manusia. jenis. Karya-karya mereka masih dibaca sampai hari ini. Perbedaan antara pendekatan historis yang berfokus pada budaya Herodotus dan pendekatan historis yang berfokus pada militer Thucydides masih kontroversial di antara para sejarawan ketika mereka menulis sejarah zaman modern. Di negara-negara Timur, buku sejarah pertama Kinh Xuan Thu adalah kronik terkenal yang disusun dari 722 SM , meskipun hanya versi abad ke-2 SM yang diturunkan hingga hari ini.

Pengaruh dari zaman kuno membantu menciptakan serangkaian konsepsi tentang sifat sejarah. Konsep-konsep ini telah berkembang selama berabad-abad dan terus berubah hingga hari ini. Penelitian sejarah modern memiliki cakupan yang luas, termasuk studi tentang array khusus dan studi sejumlah faktor sementara di tempat atau pada subjek penyelidikan sejarah. Sejarah sering diajarkan sebagai bagian dari pendidikan dasar dan menengah, dan penelitian sains sejarah adalah subjek utama di fakultas penelitian universitas.

Dan Berikut ini ada beberapa pengertian Sejarah Menurut Para Ahli baik dari Indonesia ataupun tokoh dunia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Indonesia

Berikut ini ada beberapa tokoh terkenal di Indonesia yang memberikan pengertian sejarah menurut pendapat mereka.

1. Mohammad Hatta

Munurut bapak proklamator Indonesia,, sejarah bukan melahhirkan cerita dari sebuah kejadian di masa yang telah lalu, melainkan sebuah masalalu yang memiliki berbagai macam masalah.

2. Muhammad Yamin

Salah satu pahlawan yang kita kenal Muhamad Yamin telah mendefinisikan pengertian sejarah sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang tersusun dari dasar sebuah penyelidikan peristiwa yang dapat dibuktikan sesuai dengan kenyatan yang ada.

3. Nugroho Notosusanto

Nugroho Notosusanto menyatakan pendapat tentang pengertian sejarah sebagai sebuah peristiwa yang berhubungan dengan manusia sebagai mahluk bermasyarakat yang terjadi di masa lalu atau sejarah diartikan sebagai kisah semua peristiwa atau kisah yang disusuk berdasarkan data peninggalan dari sebuah peristiwa yang pernah terjadi.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli di Dunia

Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang pengertian sejarah menurut para ahli di dunia yang merupakan tokoh tokoh terkenal di dunia.

1. Beverley Southgate

Tokoh dunia yang membahas tentang pengerian sejarah pertama adalah Beverley Southgate, yang mengartikan sejarah merupakan sebuah pelajaran dari masa lalu yang secara ideal pelajaran tersebut diambil dari suatu penyajian yang terjadi simasa lampai sebagaimana keadaan waktu tersebut. Sejarah

2. Aristoteles

Aristoteles yang merupakan filusuf dari yunani juga berpendapat tentang pengertian sejarah sebagai satu sistem yang menganalisis sebuah kejadian dari awal dengan susunan kronologis dari masa lalu dengan adanya sebuah rekod, catatan dan bukti yang nyata adanya.

3. Henri Pirenne

Henri Pirenne yang merupakan seorang sejarawan asal Belgia juga menuliskan pengertian sejarah sebagai sebuah kisah tentang berbagai peristiwa dan aktivitas yang dilakukan manisia yang hidup pada kehidupan lalu dalam kehidupan bermasyarakat.

4. Ibnu Khaldun

Dari Tunisa ada sejarawan bernama Ibnu Khaldun yang memberikan pengertian sejarah merupakan sebuah catatan tentang masyarakat secara umum atau tentang peradaman manusia yang pernah terjadi berasarkan sifat dan waktak masyarakatnya.

5. Ernst Bernheim

Sejarawan terkenal dari Jerman ini juga memiliki pendapat tentang sejarah dengan mengartikan sebagai ilmu yang menelusuri dan menempatkan sebuah peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang yang berhubungan dengan pekembangan manusia, baik secara kolektif ataupun perorangan sebagai mahluk sosial yang terjadi akibat sebab akibat dan berdasarkan lahir dan batin.

6. Jan Marius Romein

Tokoh sejarawan Belanda bernama Jan Marius Romein yang menulis buka Dalam Pesona Prambanan Indonesia di Tengah Gejolak Dunia memberikan pendapat tentang sejarah yang berarti sebuah cerita tentang sebuah peristiwa atau kecadian yang terjadi di masa lalu.

Atau untuk pengertian sejarah menutu para ahli lainnya bisa kalian cek di website ini, sehingga kalian dapat menemukan referensi lebih banyak.