August 10, 2020

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Ginjal Anak

By Tirto

Infeksi pada ginjal disebabkan oleh virus atau bakteri. lewat uretra, virus da bakteri ini menuju kandung kemih. ini memicu infeksi pada ginjal.

Jika infeksi terjadi berulang kali, bisa menyebabkan hal fatal yakni gagal ginjal. Infeksi ginjal bisa Serang siapa saja. termasuk orang dewasa, namun anak perempuan juga lebih sering mengalaminya.

Agar orang tua lebih waspada terhadap infeksi ginjal yang bisa menyerang anak, berikut ini beberapa fakta infeksi ginjal pada anak yang perlu diketahui dan diwaspadai.

Penyebab infeksi ginjal pada anak

infeksi ginjal atau pielonefritis, disebabkan bakteri yang masuk lewat kulit sekitar vagina atau anus.

Infeksi ginjal ini disebabkan bakteri e.coli, berasal dari usus. Kebanyakan, infeksi ginjal terjadi lantaran bakteri menyebar ke uretra dari  anus.

Faktor infeksi ginjal pada anak

Infeksi ginjal juga menyerang penderitanya karena beberapa faktor, yakni :

Jenis kelamin

infeksi ginjal memang bisa terjadi ke siapa saja. namun ada beberapa fakta bahwa anak perempuan lebih berisiko tinggi terinfeksi, daripada anak laki laki.

Hal ini karena, uretra anak perempuan lebih pendek dari laki laki. Jadi bakteri mencapai jarak tak terlalu jauh dari luar sampai ke kandung kemih.

Gangguan pada saluran urine

Apa saja ymg melambatkan aliran urin, seperti batu ginjal, kelenjar prostat membesar atau kelainan struktur di sistem urine, bisa tingkatkan risiko anak terserang infeksi ginjal.

Sistem imun melemah

Sistem imun yang lemah yang disebabkan seperti penyakit HIV dan diabetes, bisa tingkatkan risiko infeksi ginjal.

Penggunaan kateter urine (Jangka Panjang)

Pemakaian kateter, bisa bantu memudahkan pasien yang dirawat keluarkan urine. Namun pemakaian dalam jangka panjang berbahaya. bisa sebabkan infeksi ginjal dan rusak saluran kemih.

Vesicoureteral reflux

Vesicoureteral reflux ini saat aliran kencing mengarah kembali ke ginjal. hal ini memicu infeksi ginjal.

Pemakaian gelembung di bak mandi

Pemakaian gelembung di bak mandi juga bisa sebabkan infeksi ginjal. ini karena sabun dan bakteri bisa gampang masuk ke dalam uretra.

Pakaian ketat

Hindari anak perempuan memakai pakaian ketat atau celana ketat. sebab bisa picu infeksi ginjal yang cukup serius karena bakteri berpusat di area genital.

Gejala infeksi ginjal pada anak

Ada beberapa gejala yang bisa diketahui ketika anak alami infeksi ginjal, yakni :

Anak rewel, muntah, susah makan, kurang berenergi , lemas ,ngompol ada darah dalam urin , pertumbuhan kurang optimal,bau urine yang tak biasa dan sakit kuning.