November 4, 2020

Sejarah Singkat Nabi Yunus AS

By Tirto

Di sebuah wilayah di Mosouk, Irak terdapat para kaum yang sehari-harinya menyembah berhala, kaum itu disebut dengan kaum Ninawa. Allah SWT mengirimkan sebuah risalah kepada seorang Nabi bernama Yunus untuk datang ke Mosouk dan mengajarkan ajaran Tauhid agar tidak ada lagi perilaku menyimpang para kaum Ninawa.

Kedatangan Yunus AS, bukannya mengikuti apa yang diajarkan Yunus, para kaum Ninawa justru mencemooh dan tidak mau iktu beriman kepada Allah. Setiap hari Nabi Yunus terus mendapat olokan dan cemoohan yang lantas membuatnya tidak tahan dan pergi dari kampung tersebut dalam kondisi marah dan jengkel.

Setelah Nabi Yunus pergi, barulah para kaum Ninawa menyesal dan merasa jika ajaran yang disampaikan oleh Yunus adalah benar. Bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang harus mereka sembah. Hal ini juga dijelaskan dalam Alquran ayat 98 surat Yunus. Bahwa Allah menghilangkan segala azab dna hal buruk kepada kaum Ninawa dan mendatangkan banyak kesenangan pada mereka.

Karena pergi dalam keadaan buru-buru dan dipenuhi amarah, Nabi Yunus tidak mampu berpikir jernih. Kakinya membawanya menuju sebuah kapal besar yang akan berlayar di lalutan lepas. Kepergiannya Yunus tidak atas izin Allah. Oleh karena itu, suatu ketika, terjadi badai dan ombak yang sangat besar menerjang kapal yang sedang dinaiki Nabi Yunus. Mengetahui jika kapal akan karam, maka para penumpang kapal membuat undian tentang siapa yang akan dibuang ke laut untuk mengurangi muatan.

Nabi Yunus yang mendapat undian tersebut tidak bisa apa-apa melainkan hanya berserah diri dan ditenggelamkan di tengah-tengah laut lepas. Atas kehendak Allah, Allah mengirimka seekor paus besar yang lantas menelan nabi Yunus hidup-hidup. Alih-alih mati karena dikunyah paus, Nabi Yunus malah hidup sehat di dalam perut paus tersebut.  Lamanya Nabi Yunus berada di perut paus masih menjadi perdebatan para ulama.

Menurut Qatadah, Nabi Yunus berada di perut paus selama 3 hari, sedangkan menurut Abu Ja’far ash-Shidiq tujuh hari dan menurut Abu Malik selama 40 hari. Berapapun lamanya, pada suatu sore, Yunus dimuntahkan oleh paus tersebut ke pinggir pantai atas perintah Allah SWT.

Di pulau tersebut, Yunus yang telanjang tanpa busana dan kelaparan lantas menemukan sebuah pohon labu dengan daun yang sangat lebat yang ditumbuhkan oleh Allah SWT. Darinya, Nabi Yunus dapat kembali hidup dan bangkit dari kelaparan. Lalu Allah memerintahkan Yunus untuk kembali ke kaumnya untuk menyerukan bahwa taubat kaum Ninawa sudah diterima oleh Allah SWT.

Yunus pun mengunjungi kaun Ninawa dan memberitahukan apa yang Allah perintahkan. Diirnya juga menceritakan mukjizat yang diterimanya. Dengan begitu, kaum Ninawa menjadi menyembah Allah dan menjadi umat Islam lalu diberi kesenangan dunia oleh Allah seperti yang telah dijanjikan sebelumnya.